Senin, 19 Oktober 2009

Cengkareng-Taman Sari











Minggu, 18 Oktober 2009 merupakan rangkaian pertama kegiatan Latihan Gabungan Berkelana dengan peserta dari Kecamatan Cengkareng & Taman Sari. Kegiatan ini diadakan untuk mencari putra–putri teladan (terbaik) yang nantinya akan mendapat pelatihan lanjutan dari PPI Jakarta Barat. Selain itu, kegiatan ini juga dimaksudkan untuk mengenalkan Paskibra dan Paskibraka kepada adik–adik 2010. Dengan mengikuti latihan gabungan ini, mereka dapat menunjukkan kelebihan, kemampuan, kreativitas dan semangat yang dimiliki masing–masing peserta. Peserta terdiri dari Siswa/i Tingkat SMA/SMK/MA Sederajat yang duduk di kelas X. Peserta yang mengikuti latgab ini berjumlah 47 orang, yang terdiri dari 18 orang putra dan 29 orang putri.

Tepat pkl. 06.45 para peserta yang telah hadir dikumpulkan di depan pintu masuk untuk memeriksa kerapian peserta, seperti melepas aksesoris, tas dikencangkan, nametag dipakai, dan baju dimasukkan. Peserta menggunakan kaos OR dan training. Lalu peserta masuk dan dikumpulkan serta dibariskan berdasarkan ketinggian. Jam 07.00 tepat, para peserta mengumpulkan formulir sebagai tanda kehadiran kegiatan. Acara dilanjutkan dengan Apel pagi dan Olahraga. Para peserta bersama panitia berlari sambil bernyanyi di sekitar halaman kantor Walikota, push up 10 kali, dan sit up 10 kali. Para peserta diajarkan cara berlari, push up dan sit up yang benar. Pesera juga diberitahu cara minum dan tarik nafas yang benar. Setelah itu, kami melakukan senam dipimpin Kak Oky dan kak Sherly.

Jam 09.00 adalah waktu untuk sarapan. Menu sarapan terdiri atas roti coklat 2 buah dan teh manis 600ml. Peserta diajak untuk makan dan minum dengan cepat, walaupun masih ada banyak peserta yang menghabiskan waktu lama untuk sarapan. Mereka diajarkan cara duduk siap yang benar. Setelah itu, para peserta diukur tinggi dan berat badannya.

Acara berikutnya adalah latihan berbaris yang dimulai pkl. 10.00. Peserta dibagi menjadi beberapa kelompok. Peserta diajarkan 12 gerakan dasar yang benar dari Paskibraka secara berurutan. Selama 1 jam 30 menit mereka dilatih per kelompok. 30 menit berikutnya, ke-4 kelompok disatukan untuk latihan bersama.

Sebelum acara berakhir, saatnya menunjukkan keterampilan yang dimiliki tiap peserta. Acara ini bersifat tidak wajib, hanya peserta yang ingin menampilkannya saja. Peserta ada yang menampilkan keterampilan bernyanyi solo maupun duet, memainkan alat musik, dan sulap.

Sebagai acara penutup, para peserta dibariskan dan panitia mempersiapkan hasil akhir yang akan dibacakan. Pk.15.10, Pembina apel menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh peserta yang telah menyempatkan diri untuk mengikuti acara ini dan diumumkan 5 peserta terbaik pada hari itu. 5 peserta terbaik tersebut, yakni Khairu Ummah Mulya dari SMAN 33, Friskilla Clara Swita dari SMAN 2, Rifhani dari SMAN 2, Samuel Christian dari SMAN 33, dan Ivan Budiman dari SMA K Ricci 1.

Kelima pelajar tersebut akan dikumpulkan setelah rangkaian Latgab Berkelana berakhir sebagai latihan lanjutan oleh PPI Jakarta Barat. Berikutnya merupakan giliran kecamatan Kembangan dan Grogol Petamburan. Siapakah yang akan menjadi pelajar terpilih berikutnya? bersiaplah untuk Latgab Berkelana II

0 comments:

Posting Komentar